…pergerakan kita janganlah pergerakan yang kecil-kecilan; pergerakan kita itu haruslah pada hakekatnya suatu pergerakan yang ingin mengubah sama sekali sifatnya masyarakat, suatu pergerakan yang ingin menjebol kesakitan-kesakitan masyarakat sampai kesulur-sulurnya dan akar-akarnya. Bung Karno
3 (1)
4
5
Seribu Cita Satu Indonesia 2015 di Keraton Ratu Boko

Dalam rangka memeringati 70 tahun usia kemerdekaan Indonesia, organisasi Seribu.org akan kembali menggelar program bernama Seribu Cita Satu Indonesia—selanjutnya disingkat #SCSI2015—pada tanggal 17 Agustus 2015 nanti.

Program tahunan ini pertama kali digelar pada tahun 2013 di Pantai Depok dengan membawa konsep seni instalasi 1000 bendera merah putih. Di tahun 2014, Seribu.org kembali mengulang seni instalasi ini di lokasi dengan medan yang lebih menantang, yaitu di lereng Gunung Merapi.

Tahun ini, #SCSI2015 akan diselenggarakan di Keraton Ratu Boko, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Seribu.org tidak lagi mengulang konsep seni instalasi 1000 bendera merah putih. Melainkan akan mengusung tiga (3) buah tema yang secara eksklusif berkaitan erat dengan hari kemerdekaan, makna dari usia Indonesia ke-70 dan Keraton Ratu Boko sebagai tempat diselenggarakannya program ini.

Seribu Cita Satu Indonesia 2015

17 + 8 + 45

Angka-angka diatas adalah tema pertama yang akan diangkat. Sebuah kombinasi angka yang diambil dari tanggal, bulan dan tahun proklamasi kemerdekaan. Hanya di tahun 2015 hasil dari penjumlahan angka-angka tersebut sesuai dengan usia Indonesia, yaitu 70.

Angka 17

17 dianggap sebagai angka yang baik bagi umat Islam. Dalam kaitannya dengan program ini, maka angka 17 akan disimbolkan melalui pemberian apresiasi kepada 17 figur dengan profesi atau peran penting yang kebaikan jasa-jasanya cenderung diabaikan oleh masyarakat. Beberapa diantaranya adalah Pemulasara Jenazah, Seteler Candi, Juru Rawat Candi, Buruh Gendong, Veteran Perang, Penggali Kubur dan lain-lain.

Angka 8

8 dapat bermakna persatuan dan kesatuan seperti rantai yang saling terkait. Salah satu cara untuk mencapainya adalah dengan saling melengkapi dan tolong menolong. Seribu.org akan menyuguhkan 8 inovator dari berbagai penjuru negeri yang dianggap mampu untuk menolong serta melengkapi pembangunan negeri ini melalui karya dan gagasan mereka.

Angka 45

Jiwa semangat ’45 merupakan sumber kehidupan bagi perjuangan bangsa Indonesia yang berisi kekuatan batin dalam merebut kemerdekaan, menegakkan kedaulatan rakyat, serta mengisi dan mempertahankannya. Akan terdapat 45 pameran pitutur (kata-kata) dari para tokoh nasional di program #SCSI2015, dengan harapan dapat membantu menumbuhkan kembali semangat untuk mengisi dan mempertahankan Indonesia sebagai sebuah bangsa yang merdeka.

Gerakan Nasional “Ayo Kerja” Pada 70 tahun Indonesia Merdeka

Tema kedua berkaitan dengan Gerakan Nasional 70 Tahun Indonesia Merdeka yang belum lama ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo melalui slogannya “Ayo Kerja”. Makna dari slogan tersebut adalah ajakan untuk bekerja berlandaskan Persatuan Indonesia yang dilakukan dengan gotong royong. Tujuannya untuk mewujudkan revolusi mental di Indonesia, yaitu membangun mentalitas sebagai bangsa yang 100% merdeka.

Menafsir Gerak dan Memaknai Tari

Menari adalah berbicara, menyampaikan makna, berdialog, menafsir, bermain tanda-tanda dan memainkan estetika. Demi membantu sosialisasi gerakan revolusi mental dan juga tetap menjunjung tinggi nilai-nilai kebhinnekaan, #SCSI2015 akan menyuguhkan tarian padat makna agar masyarakat ikut tergerak untuk bergerak. Judul tarian ini adalah “Gerak Bhinneka” dan akan ditarikan oleh pelajar Seni Tari SMKI Yogyakarta sebanyak 70 penari.

Keraton Ratu Boko: Lestari Budaya Indonesia

Keraton Ratu Boko

Berdasarkan arsitekturnya, Ratu Boko lebih tepat disebut sebagai Keraton daripada Candi. Hal ini karena tata letaknya diyakini lebih menyerupai tempat tinggal Raja daripada tempat pemujaan (candi). Keraton memiliki arti sebuah istana yang bermakna keagamaan, filsafat dan kulturil (kebudayaan). Dahulu Keraton berfungsi sebagai pusat pemerintahan dan kebudayaan.

Selain untuk mendorong minat wisatawan, pemilihan lokasi #SCSI2015 di Keraton Ratu Boko—yang juga merupakan tema ketiga program ini—bertujuan untuk membantu mengingatkan tentang pentingnya melestarikan serta memelajari peninggalan budaya Indonesia yang kaya akan makna dan pengetahuan.

Rangkaian Peristiwa

Silakan klik pada judul dari masing-masing agenda untuk melihat deskripsi lebih detail.